2 Target Terapi Plasma Darah untuk Pasi「Football betting network」en Corona, Apa Saja Itu?

  • 时间:
  • 浏览:0
  • 来源:Kemampuan stabil baccarat

WFooFootball betting networktball bettiFootball betting networkng networkakil Kepala Bidang Penelitian Translasional di LeFootball betting networkmbaga Biologi MolekFootball betting networkuler (LBM) Eijkman, Prof dr David H Muljono SpPD FINASIM FAASLD PhD mengatakan meski lebih sederhana daripada vaksin, tetapi tetap membutuhkan tes pengujian yang optimal.

Baca juga: Penemuan yang Mengubah Dunia: Sebelum Vaksinasi, Plasma Darah Senjata Melawan Pandemi sejak 1880-an

David menegaskan, meskipun terbilang lebih sederhana daripada vaksin, tetapi jika plasma darah yang diberikan nantinya tidak memiliki antibodi spesifik.

Baca juga: AS Izinkan Plasma Darah untuk Pasien Corona, Bagaimana Indonesia?

Lantas apa saja target dari plasma darah atau plasma konvalesen ini?

Adapun, baru negara Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) Amerika Serikat (AS) yang telah mendapatkan izin mengimplementasikan terapi ini kepada pasien terinfeksi Covid-19 di sana.

Untuk menghindari tidak tercapainya target terapi plasma darah itu sendiri, dan berujung terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

KOMPAS.com- Dalam upaya membantu meningkatkan tingkat kesembuhan pasien yang terinfeksi virus corona, plasma darah dianggap sebagai salah satu alternatif pengobatan bagi pasien.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Sementara, plasma konvalesen ini di Indonesia masih dalam tahap uji klinik dan teknologi uji netralisasi plasma tersebut sedang dalam pengembangan oleh Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman saat ini.

Ilustrasi peneliti mengambil plasma darah dari pasien yang sembuh dari Covid-19. Plasma konvalesen atau plasma pulih untuk dijadikan terapi antibodi bagi pasien Covid-19.

"Jadi tidak sembarang antibodi," kata David melalui virtual daring, Selasa (26/8/2020).

Kepada Kompas.com, David menjelaskan bahwa setidaknya ada dua tujuan utama pemberian plasma darah pasien sembuh dari infeksi Covid-19 ini.

Plasma konvalesen dilakukan untuk memberikan antibodi yang spesifik atau khusus antibodi yang akan membantu melawan virus corona, SARS-CoV-2 yang menyerang tubuh.

Belum banyak negara yang sudah menerapkan terapi plasma darah atau plasma konvalesen untuk membantu pengobatan pasien corona.