3 Alat Musik Tradisional Sulawe「Baccarat odds」si Selatan

  • 时间:
  • 浏览:0
  • 来源:Kemampuan stabil baccarat

Keempat sBaccarat oddsuku tersebut kemudian memainkan kelahiran serta perkembanBaccarat oddsgan budaya Sulawesi Selatan yang bisa dilihat hingga saat ini.

Salah satu contoh budaya yang lahir dalam bidang kesenian daerah adalah alat musik. Sulawesi Selatan memiliki banyak alat musik tradisional, di antaranya:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Setelah bagian pangkal yang terbuat dari logam, pui-pui disammbung dengan kerucut yang terbuat dari kayu. DisepanBaccarat oddsjang kayu terdapat lubang-lubang untuk menghasilkan nada.

Dilansir dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, pangkal pui-pui terbuat dari lempengan logam dan potongan daun lontar yang jika ditiup akan menghasilkan suara suara yang khas.

Jika tidak, maka bunyi yang akan keluar dari pui-pui sangatlah aneh atau bahkan tidak akan mengeluarkan suara sama sekali. Pui-pui digunakan sebagai alat musik untuk mengiringi berbagai upacara adat dan kesenian tradisional Sulawesi Selatan.

KOMPAS.com - Sulawesi Selatan merupakan salah satu provinsi Indonesia yang beribukota di Makassar. Sulawesi Selatan menjadi rumah bagi empat etnis yaitu Suku Mangkasarak (Makassar), Suku Mandar, Suku Toraja, dan Suku Bugis.

Baca juga: Sampek, Alat Musik Tradisional Kalimantan Timur

Kacaping adalah alat musik petik asal Sulawesi Selatan yang dimainkan untuk mengiringi lagu serta tarian daerah, dan juga mengiringi dongeng-dongeng perjuangan nenek moyang. Konon kataynya kecaping ditemukan oleh seorang pelaut keturunan Suku Makassar dan Bugis dalam pelayarannya.

Baca juga: Keunikan Alat Musik Fu, Maluku Utara

Pui-pui atau puik-puik adalah alat musik tiup khas Sulawesi Selatan yang berbentuk kerucut menyerupai klarinet.

Sri Wahyuni dalam tesis berjudul Fungsi Paru Pemain Alat Musik Tiup Pui-Pui di Kota Makassar (2017), menyebutkan bahwa ada satu lubang penjarian bawah yang berjarak 1 sentimeter dari pangkal, juga enam lubang nada disepanjang kayu yang masing-masing berjarak 1,5 sentimeter.

Di ujung pui-pui juga terdapat bagian yang disebut dengan kallode yang berfungsi untuk mempernyaring bunyi yang keluar. Pui-pui harus ditiup dengan hati-hati juga dibarengi keahlian khusus.