Menga「Baccarat Super and How to Play」pa Vaksinasi Berkaitan dengan Sistem Kekebalan Tubuh Manusia?

  • 时间:
  • 浏览:0
  • 来源:Kemampuan stabil baccarat

Baccarat SupBaccarat Super and How to Player and How to PlaykBaccarat Super and How to Playita bisa akhiri Baccarat Super and How to PlayPandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Ilustrasi pemberian vaksin atau vaksinasi.

Kita peduli, pandemi berakhir!

KOMPAS.com- Di tengah pandemi Covid-19 yang telah menginfeksi jutaan manusia pada setengah tahun 2020 ini, masyarakat seringkali mendengarkan pentingnya menjaga sistem kekebalan tubuh, serta upaya mencari vaksin agar membantu mencegah terinfeksi virus SARS-CoV-2.

Baca juga: Bingung Vaksinasi Anak Selama Pandemi Covid-19? Ini 5 Anjuran IDAI

"Ini sistem kekebalan tubuh spesifik ini maksudnya antibodi yang khusus," ujar dia.

Dokter Spesialis Anak di RS Pondok Indah, dr Caesar Pronocitro SpA MSc menjelaskan bahwa vaksinasi ini sangat berkaitan erat dengan imunitas atau sistem kekebalan tubuh manusia.

Berikutnya adalah sistem kekebalan tubuh spesifik yaitu antibodi yang memiliki target tertentu. Pada, sistem kekebalan tubuh spesifik bekerja lebih cepat dan efektif dalam mengatasi infeksi.

Akan tetapi, imunisasi juga berlaku untuk manusia usia remaja, dewasa bahkan lanjut usia atau lansia (geriatri). Serta, berlaku untuk semua gender baik perempuan maupun laki-laki.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Contohnya antibodi khusus ini seperti vaksinasi yang diberikan sebagai antibodi anti-campak, antibodi anti-hepatitis B dan lain sebagainya.

Vaksinasi atau biasa juga disebut dengan imunisasi, kata Caesar, tidak hanya berbicara tentang tindakan yang wajib dilakukan pada anak-anak atau balita saja.

Baca juga: Ahli Australia Ungkap Cara Sistem Kekebalan Tubuh Perangi Covid-19

Dalam pemaparannya, Caesar membagi sistem kekebalan tubuh menjadi dua yaitu nonspesifik dan spesifik.

Lantas apa sebenarnya kaitan vaksinasi dengan sistem kekebalan tubuh manusia?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Pada sistem kekebalan tubuh non-spesifik, antibodi yang ada tidak menarget antigen tertentu. Dicontohkannya adalah antibodi untuk lapisan kulit dan makrofag.

"Vaksinasi merupakan bentuk pencegahan penyakit paling efektif dan efisien sehingga telah diterapkan oleh semua negara di dunia," kata Caesar dalam diskusi daring bertajuk Pentingnya Vaksinasi untuk Anak, Rabu (1/7/2020).